1. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut !
(1) Selalu
semangat dalam berjuang
(2)
Mengutamakan
semangat persatuan dan kesatuan
(3)
Mengorbankan
segala jiwa raga untuk mencapai kemerdekaan
(4)
Mendukung secara
aktif mencapai cita-cita bangsa
(5)
Pantang
bekerjasama dengan negara yang pernah menjajah
Nilai-nilai semangat para perumus UUD
NRI Tahun 1945 yang perlu kita teladani saat ini di tunjukkan dalam pernyataan-pernyataan
nomor ... .
A. (1),
(2), dan (3)
B. (1),
(2), dan (4)
C.
(2), (3), dan (5)
D.
(3), (4), dan (5)
2. Ibarat
sebuah bangunan tanpa pondasi yang kuat tentu tidak akan
berdiri dengan kokoh, oleh karena itu dasar negara sebagai pondasi harus
disusun sekuat mungkin sebelum negara
berdiri . Usulan mengenai dasar Negara Indonesia merdeka dalam sidang
BPUPKI yang dimulai tanggal 29 Mei -1
Juni 1945 secara berurutan dikemukakan oleh :
A. Soepomo,
Ir.
Soekarno, M.Yamin .
B. M.Yamin, Soepomo dan Ir
Soekarno
C. Ir. Soekarno,
Soepomo dan M. Yamin
D. M .Yamin, Ir Soekarno dan
Soepomo
3. Pancasila sebagai pandangan
hidup bangsa mempunyai arti penting sebagai … .
A. Pelindung dari
berbagai bemtuk ancaman militer yang berasal dari luar negara
B. Pedoman bagi
pemerintah dalam membuat
kebijakan-kebijakan pemerintahan
C. Pedoman berperilaku dalam kehidupan sehari-hari
D. Dasar bagi
pembentukan peraturan perundang-undangan
4. Pancasila
digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan bernegara merupakan makna dari…
.
A. Pancasila
sebagai dasar negara
B. Pancasila
sebagai pandangan hidup
C. Pancasila
sebagai kepribadian bangsa
D. Pancasila
sebagai perjanjian luhur
5. Berikut contoh praktik penerapan
ideal nilai Pancasila
1)
Menjenguk orang sakit
2)
Pemerintah melindungi
hak umat beragama
3)
Menyelasaikan konflik
melalui musyawarah
4)
Menjadi anggota
Paskibra
5)
Bersikap adil kepada
semua orang
Apabila contoh
penerapan ideal Pancasila disusun sesuai hierarki nilai Pancasila, susunan yang
benar ditunjukkan oleh angka … .
A. 1), 2), 3), 4), dan 5)
B. 2), 1), 4), 3), dan 5)
C. 2), 5), 1), 3), dan 4)
D. 3), 1), 4), 5), dan 2)
6. Penerapan semangat dan komitmen kebangsaan dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara diwujudkan dengan ... .
A.
Memanfaatkan
sumber daya alam untuk kepentingan diri sendiri
B.
Menjalankan
ajaran agama masing-masing dengan baik
C.
Mengembangkan
semangat kedaerahan dalam bermasyarakat
D.
Menjalankan
kegiatan pemerintahan dengan jujur dan konsekuen
7. Penerapan nilai kerakyatan yang dilakukan siswa di
lingkungan Sekolah terdapat dalam kegiatan … .
A. Menjadi ketua panitia pentas seni Sekolah
B. Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler
C. Melaksanakan tugas piket kelas
D. Mengikuti pemilihan ketua kelas
8. Pancasila
sebagai pandangan hidup bangsa menunjukkan bahwa semua
kegiatan kemasyarakatan hendaknya sesuai nilai-nilai Pancasila. Berikut adalah penerapan
Pancasila sila ketiga, dapat dilihat dari … .
A.
Menghormati
teman yang merayakan hari besar agamanya
B.
Melakukan
Jum’at bersih di Sekolah
C.
Menghormati
teman yang berbeda pendapat
D.
Menjenguk
teman yang sakit
9. Pancasila
yang terdapat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 digunakan sebagai pedoman
dalam penyelenggaraan pemerintahan. Penerapan
Pancasila terkait dengan hal tersebut berfungsi sebagai ... .
A.
Dasar negara
B.
Ideologi terbuka
C.
Kepribadian bangsa
D.
Pandangan hidup bangsa
10. Dengan adanya musibah gempa
di sejumlah daerah di tanah air, Andika sebagai ketua OSIS SMP “Kusumo“
mengumpulkan dana, pakaian layak pakai, dan makanan kering yang akan disumbangkan
kepada masyarakat yang mengalami musibah. Kegiatan Andika tersebut merupakan
perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila yaitu ...
.
A.
Menghargai hak-hak orang lain
B.
Saling mencintai sesama
manusia
C.
Mewujudkan keadilan masyarakat
D.
Gemar melakukan kegiatan
kemanusiaan
11. Perhatikan pernyataan dibawah ini !
1) Kerja bakti membersihkan lingkungan Sekolah
2) Mengikuti doa’ bersama
3) Mengikuti upacara bendera dengan tertib
4) suka membantu taman-teman dalam kesulitan
5) mengikuti diskusi kelompok dalam kelas
Pernyataan diatas
menunjukkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sila ketiga adalah
… .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 4
C. 1 dan 3
D. 4 dan 5
12. Anggota PPKI, akhirnya menyepakati rumusan sila pertama dengan
menghilangkan tujuh kata, sehingga berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa.
Kesepakatan ini dilatarbelakangi
demi mewujudkan persatuan dan
kesatuan. Komitmen berbangsa dan bernegara yang nampak dalam peristiwa tersebut
dan harus dilaksanakan oleh generasi muda terhadap Pancasila adalah ... .
A.
Mempelajari dan menghafalkan
urutan bunyi sila-sila pancasila yang benar
B.
Membandingkan antara Pancasila
dalam pembukaan dengan piagam jakarta
C.
Mengamalkan nilai-nilai
Pancasila agar terwujud persatuan dan kesatuan
D.
Menghargai tokoh perumus yang
telah menghasilkan ideologi yang disegani
13.
Gambar tersebut menunjukkan
peran Pancasila sebagai … .
A. Papan uji bagi peraturan perundang-undangan lain
B. Pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan
C. Sumber dari segala sumber hukum
D. Sumber tertib hukum tertinggi
14.
Pancasila adalah merupakan kristalisasi nilai-nilai budaya bangsa Indonesia
asli. Hal yang membuktikan adanya budaya- budaya dalam masyarakat yang menjadi
sumber-sumber nilai … .
A. Cerita pewayangan yang menjadi kebudayaan
bangsa
B. Dongeng dan legenda yang dilestarikan
bangsa Indonesia
C. Adat istiadat, kebudayaan, dan nilai-nilai
religius
D. Ajaran nenek moyang sejak jaman dahulu
15. Pasal 7 UUD NRI Tahun 1945 hasil amandemen
berbunyi “Presiden dan wakil Presiden
memegang jabatan selama lima tahun, dan sesudahnya dapat di pilih
kembali dalam jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan”. Keadaan yang mungkin terjadi apabila
pasal tersebut tidak di amandemen adalah
... .
A.
Indonesia menjadi negara dengan
sistem totaliter
B.
Presiden akan selalu berganti
setiap lima tahun
C.
Kekuasaan Presiden akan
bersifat turun temurun
D.
Presiden dapat melakukan
penyalahgunaan jabatan
16. Perhatikan
nama-nama tokoh berikut:
1.
Ir.
Soekarno
2.
Drs. Moh.
Hatta
3.
Mr.
Soepomo
4.
Dr. Radjiman
Wedyodiningrat
Tokoh yang menjabat sebagai Ketua BPUPKI ditunjukkan
oleh nomor :
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
17. Peraturan
yang dibuat oleh Bupati/Walikota dan DPRD Kabupaten/Kota disebut … .
A.
Peraturan
Gubernur
B.
Keputusan
Bupati/Walikota
C.
Perda
Kabupaten/Kota
D.
Peraturan Pemerintah
18. Pembukaan UUD
1945 bagi bangsa Indonesia mempunyai
makna sebagai … .
A.
Deklarasi terbentuknya bangsa dan negara
B.
Pernyataan tentang hak-hak asasi manusia
C.
Pernyataan kemerdekaan yang terperinci
D.
Peraturan perundang-undangan tertinggi
19. Perhatikan hal-hal
berikut :
1)
Perwakilan politik 4) Jujur dan terbuka bagi umum
2)
Pertanggungjawaban politik 5) Pemerintahan tidak perlu diawasi
3)
Sentralisasi
Hal-hal yang merupakan prinsip-prinsip
demokrasi ditunjukkan nomor … .
- 1), 2) dan 3)
- 1), 2) dan 4)
- 2), 3) dan 5)
- 3), 4) dan 5)
20. Perbedaan mendasar antara norma hukum dengan
norma-norma yang lainnya adalah … .
- Norma hukum mempunyai sanksi yang tegas,
sedang norma yang lain tidak
- Norma hukum dengan sengaja
diciptakan, sedangkan norma yang lain tidak
- Norma hukum memiliki sanksi yang dapat
dipaksakan, sedang norma yang lain tidak memiliki sanksi
- Norma hukum bersifat umum, sedang norma
yang lain bersifat terbatas
21. Norma yang berhubungan dengan pergaulan
manusia dalam kehidupan sehari – hari seperti terlihat dalam tata cara
berpakaian, tata cara berbicara, tata cara berperilaku terhadap orang lain,
tata cara bertamu ke rumah orang lain, tata cara menyapa orang lain, tata cara
makan dan sebagainya disebut … .
A. Norma
kesusilaan
B. Norma
kesopanan
C. Norma agama
D. Norma hukum
22. Fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
yang ditetapkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 adalah … .
A.
Pedoman
kerja PPKI
B. Pembukaan Negara
C. Peraturan pemilihan umum
D. Landasan kehidupan bernegara
23. Perhatikan pernyataan berikut:
- Bangsa Indonesia adalah bangsa yang
religius
- Penjanjahan diatas dunia harus
dihapuskan
- Kemerdekaan bukan tujuan akhir
- Kemerdekaan adalah hak segala bangsa
Dari pernyataan di atas yang mencerminkan
contoh perilaku yang sesuai dengan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alenia I
adalah … .
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 1 dan 4
D. 3 dan 4
24. Contoh pelaksanaan pokok pikiran ketiga pembukaan UUD 1945 dalam
masyarakat adalah … .
- Berbahasa Indonesia
dengan baik dan benar
- Memperoleh hak dan
kewajiban
- Ikut serta dalam
pemilu Presiden dan pemilu Legislatif
- Bersikap ramah
kepada setiap orang
25. Contoh sikap peduli
warga negara terhadap penyelenggara Negara untuk mewujudkan kedaulatan rakyat
dan sistem pemerintahan yang demokratis adalah … .
A.
Selalu
menolak segala kebijakan pemerintah
B.
Bersikap
pasif terhadap proses demokratisasi
C.
Melakukan
kontrol sosial terhadap setiap program pemerintah
D.
Memberikan
kritik yang tidak konstruktif terhadap kebijakan pemerintah
26. Perhatikan
pernyataan dibawah ini.
1)
Mematuhi nasihat orang tua
2)
Mematuhi rambu-rambu lalu lintas
3)
Minta maaf jika melakukan kesalahan
4)
Membayar pajak pada waktunya
5)
Berpakaian dengan sopan
6)
Membuang sampah pada tempatnya
Pada pernyatan di atas contoh perbuatan
yang sesuai dengan norma hukum adalah … .
A. 1), 2) dan 6)
B. 1), 3) dan 5)
C. 2), 4) dan 6)
D. 3), 5) dan 6)
27. Hal-hal
berikut ini adalah sikap yang tidak boleh dimiliki oleh para politisi atau
pemimpin di Indonesia sebagai wujud
sikap positif terhadap konstitusi … .
A. Menjalankan kehidupan kenegaraan yang dijiwai
nilai-nilai Pancasila
B. Menjadi teladan bagi rakyat dalam bertindak sebagai
negarawan yang arif dan bijaksana
C. Cerdas dan cermat dalam bertindak dan mengambil
keputusan
D. Menggunakan kekuasaannya demi kepentingan pribadi.
28. “Bahwa sesunggungnya kemerdekaan ialah hak
segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan,
karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”. Salah satu alinea
dalam kalimat pembukaan UUD NRI Tahun 1945 tersebut mengandung makna bahwa.…
A.
Segala bentuk penindasan
terhadap manusia tidak dibenarkan
B.
Bangsa Indonesia membenci
belanda dan jepang yang telah menjajah
C.
Kemerdekaan merupakan cikal
bakal untuk menjadi negara yang sejahtera
D.
Semua bangsa mengedepankan
perdamaian dalam hubungan internasional
29. Pemerintah Indonesia
pada saat ini sedang giat untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Upaya
yang dilakukan oleh perintah adalah dengan memberikan bantuan kepada masyarakat
berupa Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, dan Bantuan Langsung
Tunai . Hal ini dimaksudkan agar kehidupan masyarakat Indonesia lebih
sejahtera. uraian tersebut di atas, merupakan penerapan gagasan dari UUD NRI
Tahun 1945 pasal … .
A.
Pasal 31
B.
Pasal 32
C.
Pasal 33
D.
Pasal 34
30. Perhatikan
pernyataan berikut ini
1) Mempererat tali
persaudaraan antar siswa-siswi Bumi Putra pada sekolah menengah dan kejuruan.
2) Menambah pengetahuan
umum bagi anggotanya.
3) Mendirikan sekolah
umum untuk pribumi
4) Membangkitkan dan
mempertajam peranan untuk segala bahasa dan budaya.
Tiga tujuan organisasi
pemuda Trikoro Dharmo ditunjukkan dengan nomor ... .
- 1), 2), dan 3)
- 1), 2), dan 4)
- 1), 3), dan 4)
- 2), 3), dan 4)
31. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini !
1) Bersifat lokal atau kedaerahan
2) Belum adanya kesadaran kebangsaan
3) Tertuju pada visi yang besar, yaitu Indonesia merdeka
4) Perlawanan yang bersifat fisik
5) Dipimpin oleh pemimpin yang kharismatik
Dari pernyataan di atas yang bukan merupakan ciri-ciri perjuangan
rakyat Indonesia dalam melawan penjajahan sebelum lahirnya Kebangkitan Nasional
tahun 1908 ditunjukkan pada nomor … .
- 1)
- 2)
- 3)
- 4)
32. Perhatikan gambar di
bawah ini !
Gambar di atas
adalah pahlawan nasional pemimpin perjuangan fisik mempertahankan NKRI dalam
peristiwa heroik , yaitu ... .
- Pertempuran Lima Hari di Semarang
- Pertempuran Ambarawa
- Pertempuran Medan Area
- Pertempuran Surabaya 10 November 1945
33. Perhatikan
beberapa pernyataan berikut ini !
(1)
Memunculkan
sikap toleransi
(2)
Kemudahan
dalam mengerjakan sesuatu
(3)
Adanya
sikap menghargai satu sama lain
(4)
Untuk
mencapai tujuan bersama
(5)
Menahan
sikap ego
Tujuan kerja sama dalam kehidupan masyarakat ditunjukkan dengan
pernyataan-pernyataan nomor ... .
A. (1), (2), dan
(3)
B. (2), (3), dan
(5)
C. (1), (3), dan (4)
D. (3), (4), dan (5)
34. Dr.Wahidin Soedirohusodo menggagas organisasi yang bertujuan
memajukan pendidikan dan meninggikan martabat bangsa. Gagasan tersebut melahirkan
organisasi ”Budi Utomo”. Organisasi pertama pada zaman pergerakan nasional. Kegiatan yang perlu diteladani dari
peristiwa tersebut dan dapat diterapkan untuk membangkitkan semangat generasi
muda saat ini adalah ... .
A.
Meyakinkan kepada generasi muda
bahwa mereka adalah penerus dan pejuang bangsa
B.
Menjaga sikap persatuan dengan
meningkatkan nilai-nilai kejujuran, loyalitas dan tanggung jawab
C.
Berinterkasi dengan siapapun
dengan menghilangkan perbedaan dan karkteristik kedaerahan
D.
Menyelenggarakan kegiatan
terkait dengan kepemudaan di seluruh wilayah Indonesia secara rutin
35. Perhatikan gambar tokoh-tokoh di bawah
ini!
Gambar di atas yang
merupakan tokoh Kebangkitan Nasional 1908 ditunjukkan pada nomor ... .
- 1 dan 2
- 1 dan 3
- 2 dan 3
- 2 dan 4
36. Setiap lima tahun sekali dilaksanakan pemilihan umum, baik untuk
memilih Presiden/Wakil Presiden, DPR, DPD dan DPRD. Partisipasi
warga negara terhadap persitiwa tersebut yang mencerminkan komitmen terhadap
keutuhan nasional dapat ditunjukkan dengan cara ... .
A.
Menjadi juru kampanye bagi
salah satu pasangan calon
B.
Menghadiri setiap kegiatan
kampanye salah satu calon
C.
Mempercayakan pilihannya
kepada wakil-wakil rakyat
D.
Menggunakan hak pilih dalam
pemilu sesuai hati nurani
37. Upaya
mempertahankan NKRI di lingkungan masyarakat dapat diwujudkan melalui sikap ... .
A. Berperan aktif
dalam kegiatan Pramuka dan PMR
B. Menjaga
kelestarian tanah air Indonesia
C. Berpartisipasi
dalam kegiatan Siskamling
D. Rela berkorban
untuk bangsa dan negara
38. Kemajuan teknologi memiliki dampak negatif diantaranya
munculnya sifat egois dan Individualisme, selain itu dalam hidup bermasyarakat
generasi muda kurang memahami norma dan etika. Usulan
gagasan yang tepat untuk membangkitkan
semangat bela negara generasi muda terkait dengan ilustrasi tersebut adalah...
.
A.
Menghargai dan mengenang
pengorbanan pahlawan
B.
Memiliki sikap integritas yang
tinggi terhadap asal usul
C.
Menerapkan nilai-nilai Pancasila
dalam kehidupan sehari-hari
D.
Menghidupkan karang taruna
untuk pembinaan mental para pemuda
39. Demi untuk menjaga kedaulatan
Negara Kesatuan Republik Indonesia maka tidak semua urusan pemerintah
pusat diberikan pada daerah. Berikut adalah beberapa urusan yang tetap menjadi
kewenangan pemerintah pusat … .
A.
Pertahanan,
agama, politik luar negeri, keuangan
B.
Pertahanan,
pajak daerah, agama, dan pendidikan
C.
Pertahanan,
politik luar negari, agama dan perikanan
D.
Politik luar negeri, agama, pariwisata dan perikanan
40. Keberagaman suku bangsa, agama, ras dan
antargolongan merupakan kekayaan bangsa yang sangat berharga, meskipun
berbeda-beda kita tetap merupakan satu kesatuan. Dampak positif keberagaman
tersebut bagi bangsa Indonesia adalah ... .
A.
Mempermudah masyarakatnya dalam
mewujudkan cita-cita nasional
B.
Menjadikan bangsa yang
dihargai bangsa lain karena kemajemukannya
C.
Sebagai salah satu unsur yang dapat
menumbuhkan sikap nasionalisme
D.
Menunjukkan luas dan kayanya
unsur-unsur yang dimiliki bangsa Indonesia
B. JAWABLAH PERTANYAAN DIBAWAH INI DENGAN
SINGKAT, JELAS DAN BENAR !
41. Sebutkan dan jelaskan 4 dari 7 fungsi
Pancasila !
42. Konflik dalam
masyarakat bukan merupakan proses yang terjadi tiba-tiba. Peristiwa ini terjadi
melalui proses yang ditandai oleh beberapa gejala. Sebutkan tiga gejala
yang menunjukkan konflik sosial dalam masyarakat !
43. Perhatikan gambar berikut ini
a Gambar
tersebut mencerminkan nilai-nilai Pancasila sila … .
44. Pemerintah daerah Kabupaten/Kota memiliki
kewenangan untuk menertibkan para pedagang kaki lima yang melakukan aktivitas
perdagangan. Sebutkan 3 (tiga) ketaatan peraturan yang
harus dipatuhi oleh pedagang kaki lima!
45. Berikan 3
(tiga ) contoh sikap yang dapat dilakukan untuk menjaga keharmonisan dalam
masyarakat !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar